BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 05 Maret 2012

Kalender Acara Tahunan di Jepang

Bulan Januari


1 Januari : Menandai mulainya tahun baru
Dibeberapa negara ada hidangan khusus tahun baru. Di Jepang punya osechi ryori, berbagai makanan yang disajikan dalam kotak khusus. Tiap makanan dipilih khusus dan melambangkan harapan orang Jepang di tahun yang baru.

Senin Kedua di bulan Januari : Hari Kedewasaan
Di seluruh Jepang ada acara khusus bagi orang-orang yang mencapai usia 20 tahun pada tahun sekolah (yang mulai dari April tahun sebelumnya), untuk menegaskan bahwa mereka telah menjadi dewasa dan mendorong mereka untuk bersikap mandiri.

Bulan Februari

3 atau 4 Februari: Setsubun (Upacara melempar keledai)
hari menjelang mulainya musim semi berdasarkan sistem kalender kuno Jepang: Orang menebarkan biji-biji kedelai yang sudah dipanggang untuk mengusir setan (nasib buruk)

11 Februari: Hari Pembentukan Negara
Memperingati pembentukan negara dan bertujuan untuk membina rasa cinta rakyat terhadap negaranya.

Bulan Maret


3 Maret: Hinamatsuri (Festival Boneka atau Festival Anak Perempuan)
Festival ini diadakan guna mendoakan pertumbuhan dan kebahagiaan anak-anak perempuan. Banyak keluarga yang mempunyai gadis cilik memajang rak boneka yang menampilkan seperangkat boneka yang berkostum ala bangasawan kuno, bersama dengan bunga persik. Ada sajian kripik arare yang dibuat dari beras serta penganan lainnya.

Sekitar 21 Februari: Vernal Equinox Day
Hari ketika siang dan malam sama lamanya, takkala matahari pas melintasi ekuator. Rakyat berterima kasih kepada alam dan memperlihatkan rasa sayang kepada makhluk hidup.

Bulan April

29 April: Hari Kehijauan
Hari libur nasional ini mendoronh rakyat untuk menikmati dan menghormati alam. hingga tahun 1988 hari dirayakan sebagai hari ulang tahun Kaisar Showa, yang suka menanam pohon.

Bulan Mei

3 Mei: Hari Konstitusi
Rakyat memperingati berlakunya Konstitusi Jepang dan mengharapkan majunya pembangunan negara



5 Mei: Hari Anak-anak
Hari anak-anak atau Nama tradisional untuk hari ini Tango no Sekku (sebuah festival musiman), dan dimasa lampau pada hari ini orang mengusir roh-roh jahat dengan dengan bunga iris. Biasanya menjadi hari berdoa bagi pertumbuhan anak laki-laki, namun kini dirayakan untuk semua anak, walaupun kenyataannya keluarga yang mempunyai anak laki-laki melakukan ritual khusus, yaitu memajang model baju ziarah dan topi helm pendekar perang dan memasang umbul-umbul berbentuk ikan koi. Ikan koi adalah ikan yang berenang dengan sekuat tenaga melawan arus deras. Umbul-umbul tersebut melambangkan harapan agar anak laki-laki dari keluarga yang melakukan ritual tersebut dapat mencapai sukses, menjadi kuat serta percaya dir.

Hari Minggu Kedua bulan Mei: Hari Ibu
Orang Jepang menyatakan rasa terima kasih kepada ibu mereka

Bulan Juni

Hari Minggu Ketiga bulan Juni: Hari Ayah
Orang Jepang menyatakan rasa terima kasih kepada ayah mereka

0 komentar: